Selasa, 17 Januari 2017

Facebook Salah Satu aspek Penting dalam Pemasaran Publik

Siapa yang tak kenal dengan Facebook? Sebuah website jejaring social. Para pengguna Facebook dapat bergabung dalam sebuah komunitas, seperti teman satu kota, kerja, sekolah, dan juga daerah untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan orang lain. Melalui website jejaring ini pula, anda bisa tetap bersilaturahmi dengan sahabat atau keluarga jauh mereka. Tidak hanya sahabat atau keluarga, melalui fasilitas yang disediakan oleh Facebook, anda juga bisa menambah teman baru, berkirim pesan, bergaul, berjualan, dan banyak lagi yang lainnya. 

Massa adalah alat terpenting dalam dunia marketing, khususnya sebagai alat pemasaran yang terbukti sukses. Massa inilah yang membantu menyebarluaskan informasi tentang sebuah produk atau brandm yaitu dengan cara promosi dari mulut ke mulut. Jadi, semakin banyak massa yang kita miliki, maka proses pemasaran semakin sukses. 


Tidak hanya didunia nyata, kita juga bisa melakukan hal ini di dunia maya, termasuk Facebook, kita tidak mungkin dianggap mengganggu privasi orang lain ataupun Spammer. Mekanisme standar tersebut antara lain : penulisan status, pemasangan koleksi foto dan video, pembuatan group, dan halaman penggemar. Barangkali, kita yang sudah biasa mengakses Facebook, telah terbiasa berbagi informasi mengenai kegiatan yang kita lakukan saat ini melalui kotak status “Who on your mind?”          
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                             Melalui kotak status inilah kita bisa tahu eksistensi seseorang. Kita juga bisa memantau perkembangan yang sedang terjadi saat ini. Fitur yang paling popular dalam Facebook adalah Facebook status update. Dengan fitur ini, kita bisa tahu seberapa besar eksistensi seseorang dalam Facebook. Melalui status update tersebut, kita bisa berkomentar tentang status update trsebut, kita bisa berkomentar tentang status update yang dibuat. Selain fitur tersebut, kita tetap juga bisa meng-upload foto, video, note dan lain-lain. Kita juga bisa bertukar foto dan video yang kita miliki dengan teman-teman yang lain. 

Saat ini, banyak radio, acara-acara TV dan juga instansi lain yang meamanfaatkan Facebook sebagai salah satu kanal komunikasinya dan media promosi produk brand mereka. Biasanya, mereka memulainya dengan mempopulerkan profil lalu mengajak orang untuk bergabung dalam Facebook mereka. 

Bagi mereka yang kreatif memanfaatkan kotak status, mereka bisa menulis dihalaman profil dengan tulisan yang mampu mengundang perhatian dari sesame pengguna. Dengan tulisan yang menarik, kita bisa menarik banyak pengguna Facebook untuk ikut berkomentar dengan status kita, dan melihat content iklan yang disertakan bersama dalam kotak status.
Aktivitas seperti ini umum dikenal sebagai Soft Marketing atau pemasaran yang halus. Karena iklam tersebut diakses dan dilihat bukan tanpa paksaan, tetapi lebih karena ketertarikan pada status update-nya. Semakin luas jaringan yang kita pegang, maka semakin besar efek yang dihasilkan oleh pemasaran seperti ini. 

Mekanisme lain yang bisa dipakai adalah Foto dan Video yang di Upload ke halaman Facebook. Cara ini juga untuk menarik perhatian pengguna Facebook lainnya. Misalnya, kita punya video tentang kepiawaian kita bermain gitar, kemudian kita upload dan sebarkan ke semua pengguna Facebook. Walaupun kita tidak berniat melakukan pemasaran, alhasil banyak orang yang tahu kalau kita jago bermain gitar. 

Efek hebat yang sama pada contoh diatas bisa kita ciptakan jika terdapat kreatifitas yang unik. Melalui Facebook, kesempatan untuk menciptakan pemasaran yang kreatif bisa muncul setiap saat dan seketika itu juga. 

Melalui fitur ntifikasi atau rekaman aktivitas orang lain didalam Facebook, kita tidak akan pernah ketinggalan informasi meskipun tidak sedang mengakses Facebook pada saat kita menanyangkan content pemasaran. 

Semuanya kembali pada penggunanya masing-masing. Setiap Fitur Facebook, seperti Foto, Video, Status, group dan lain sebagainya, bisa dimanfaatkan dan dikombinasikan sebagai alat pemasaran yang luar biasa hebat. Tergantng bagaimana kreatifitas kita menggunakan , memanfaatkan dan mengkombinasikannya. 

Tidak hanya ststus foto, Video, Grup dan pembuatan halaman, banyak aplikasi lain yang disediakan Facebook untuk aktivitas pemasaran yang kreatif. Pemberian cendera mata virtual adalah salah satu contohnya. Apa yang disebutkan diatas hanyalah beberapa fitur dalam Facebook yang bisa membantu kita melakukan pemasaran. Tentunya masih banyak yang lain yang dapat dijadikan media tergantung selera dan kebiasaan Anda.

0 komentar:

Posting Komentar